EKSTENDIKSI

Perubahan Sosial

Posted by Abdullah Zaini, On 12 February 2019 01:53, Category Sosiologi
Aplikasi legit penghasil pulsa yang sedang viral disini !!!

"Perubahan sosial adalah perubahan pada berbagai lembaga sosial dalam masyarakat serta memengaruhi sistem sosial dan pola perilaku kelompok di dalamnya".



Masyarakat

Perubahan sosial dapat dijadikan sebagai alat ukur untuk mengetahui perkembangan budaya yang ada dalam masyarakat.

Perubahan sosial dapat berkembang secara dinamis, siklus, atau perkembangan yang linier. Pada masyarakat yang anomi, kondisi semacam ini mungkin bisa menyebabkan perubahan yang negatif seperti dekadensi moral, hingga krisis moral. Di Venezuela misalnya, ketidakpuasan terhadap pemerintahan mungkin bukan hanya disebabkan oleh gagalnya pemerintah mengelola pemerintahannya tetapi ada juga anomi dan perubahan sosial yang tidak seimbang.

Di zaman modern ini, perubahan sosial adalah hal yang biasa. Modernisasi dan globalisasi, pengaruh budaya serta interaksi sosial dengan budaya asing bisa mengakibatkan cultural shock maupun cultural lag. Perilaku materialisme, individualisme, komsumerisme, atau bahkan hedonisme sudah menjadi bagian dalam masyarakat. Dampak negatifnya adalah nilai-nilai dan jati diri budaya asli akan tergerus. Tantangan globalisasi bukan hanya meningkatkan kompetisi tetapi juga berpengaruh pada lunturnya kearifan lokal dan budaya asli masyarakat. Apalagi sekarang ini kehidupan sosial di dunia maya sama kompleksnya dengan kehidupan sosial di dunia nyata. Derasnya arus informasi dan pertemuan berbagai budaya jika tidak diimbangi oleh pemahaman jati diri yang kuat, akan mengakibatkan dampak yang buruk.

Dampak negatif perubahan sosial selain menyebabkan kemerosotan nilai dan norma dalam masyarakat juga menimbulkan berbagai permasalahan lain. Akulturasi budaya jika tak diimbangi oleh penguatan jati diri bangsa akan membuat eksistensinya hilang. Dalam konteks ini, budaya barat selalu dianggap negatif. Hal ini karena individu tidak menyaring budaya mana yang buruk dan baik.

Jadi akulturasi budaya ini seperti pisau bermata dua, ketika di satu sisi, budaya yang masuk membawa manfaat tetapi saat yang bersamaan memberi masalah baru.

Perubahan sosial adalah faktor yang kompleks. Faktor pendorongnya dapat berupa faktor internal dan eksternal. Teknologi juga ikut memengaruhi perubahan sosial karena ikut memengaruhi pola perilaku masyarakat di dalamnya. Misalnya, generasi milenial sekarang ini, kebutuhan akan informasi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini berbeda dibandingkan budaya di generasi sebelumnya.

Perubahan sosial bukan hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lama yang kuno. Sekarang ini, kehidupan sosial di dunia maya juga ikut berdampak pada perkembangan budaya dan perilaku masyarakat, membawa perubahan-perubahan sosial yang juga bisa berdampak baik atau buruk. Sikap solidaritas, empati, atau aksi-aksi kemanusiaan yang dimulai dari sana atau justru sebaliknya, sikap dependensi, anti sosial, individual, dan sikap-sikap negatif lain yang bisa membahayakan bukan hanya diri mereka sendiri tetapi juga orang lain. Generasi yang lebih muda yang tidak memedulikan lagi dampak dari interaksi budaya ini dan menganggap bahwa kontak sosial semacam ini adalah bagian dari aktivitas sosial mereka.

Realitas sosial yang aneh misalnya ketika individu memiliki jumlah pertemanan yang banyak di Facebook atau Twitter tetapi di lingkungan sosial, tidak mengenali orang-orang di sekitarnya.

Sekarang ini dampak perubahan sosial bukan hanya sebagai akibat modernisasi dan globalisasi. Arus informasi juga ikut memengaruhi perubahan sosial. Peran-peran norma di masyarakat dalam mengantisipasi hal ini seharusnya bisa lebih fleksibel dan adaptif dengan perkembangan zaman.

Dilihat dari bentuknya, ada perubahan sosial yang berlangsung lambat dan ada pula perubahan cepat. Misalnya revolusi industri di Inggris yang mengubah sistem ekonomi agraris menjadi sistem ekonomi industri tetapi perubahan ini membawa dampak buruk misalnya pemanasan global yang merupakan dampak dari industrialisasi. Selain itu, revolusi industri juga membawa dampak yang besar dan memengaruhi peradaban manusia.

Ada juga perubahan sosial yang berdampak kecil serta perubahan sosial yang tidak dikehendaki. Perubahan sosial yang tidak dikehendaki terjadi di luar jangkauan masyarakat atau kemampuan manusia. Bisa karena perubahan lingkungan, peristiwa alam, atau karena budaya asli yang tidak siap menghadapi gempuran bermacam-macam budaya.

Sedangkan perubahan struktural dan perubahan proses adalah perubahan yang sistematis dan spesifik karena perubahan ini hanya berlaku pada kelas budaya tertentu.